
SumberNusantara, PENAJAM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Harapan ini disampaikan oleh Ketua DPRD PPU, Raup Muin. Menurutnya, sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, OPD harus memastikan seluruh layanan berjalan dengan cepat, tepat dan transparan.
“Kami ingin seluruh OPD lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Jangan sampai ada keluhan terkait lambannya pelayanan publik,” ujarnya.
Menurutnya, dalam era keterbukaan informasi seperti saat ini, pelayanan yang prima akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.
Selain itu, optimalisasi layanan publik juga menjadi bagian penting dalam mendukung akselerasi pembangunan daerah.
“Apalagi sekarang PPU sedang dalam masa transisi menuju daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Pelayanan publik yang baik akan memberi kesan positif bagi daerah kita,” jelasnya.
DPRD juga meminta agar setiap OPD rutin melakukan evaluasi internal dan memanfaatkan teknologi informasi guna mempermudah akses masyarakat terhadap layanan pemerintah.
“Digitalisasi layanan juga harus dipercepat agar pelayanan bisa lebih efektif dan efisien,” pungkas Raup. (Adv)