
SumberNusantara, PENAJAM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar sosialisasi dan pendampingan penggunaan e-Katalog versi 6 serta pengenalan toko daring bagi para pelaku pengadaan di lingkungan Pemerintah setempat.
Acara ini dihadiri oleh unsur pimpinan SKPD dan para pejabat terkait serta menghadirkan narasumber dari Direktorat Pasar Digital Pengadaan LKPP RI dan Indo Trading Team.
Penjabat Bupati PPU, Zainal Arifin diwakili oleh Asisten II Pemerintahan Setkab PPU Sodikin membuka secara resmi sosialisasi tersebut.
Dalam sambutannya, Sodikin menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kelancaran pelaksanaan acara ini sebagai langkah untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.
Latar belakang kegiatan ini didorong oleh peluncuran E-Katalog Versi 6 oleh LKPP RI dan Telkom Indonesia pada 28 Maret 2024 di Jakarta, yang didasarkan pada Keputusan Kepala LKPP No.177 Tahun 2024 tentang Pengelolaan dan Pengembangan Sistem E-Katalog.
“Dengan kehadiran versi terbaru ini, terdapat beberapa pembaruan fitur, seperti peningkatan responsivitas yang mendukung akses di berbagai perangkat, pemantauan proses pengadaan yang lebih baik, serta kemudahan pembayaran dan penyajian daftar barang/jasa terverifikasi,” ungkapnya, Rabu (6/11).
Selain itu, pengenalan Toko Daring menjadi sorotan, karena sistem ini berfungsi memfasilitasi pelaksanaan e-purchasing melalui marketplace dan ritel daring untuk pemerintah, yang saat ini mencakup salah satunya adalah Indo Trading.
“Toko daring hadir dengan fitur utama yang mendukung instansi pemerintah dalam merealisasikan rencana anggaran, memperoleh informasi penyedia, memantau riwayat pemesanan, melakukan pembayaran non-tunai, dan mengelola dokumentasi transaksi,” ujarnya.
Sodikin juga menekankan pentingnya para peserta sosialisasi untuk menyimak seluruh penjelasan narasumber dan menindaklanjuti arahan yang diberikan, dengan harapan pelaksanaan pengadaan di Kabupaten Penajam Paser Utara semakin transparan dan sesuai prosedur. (Adv)